Minggu, 03 Juni 2012

Pemimpin


pemimpin ya? apa sih pemimpin? knapa manusia yg dipilih jadi pemimpin d dunia ini? terus apa yang dibutuhin jika ingin jadi pemimpin?

bismillaahirrahmaanirrahiim..

kawan, ijinkan saya tuk berbagi.
saat kita berbicara tentang pemimpin, biasanya kita inget k hadits yg ngungkapin kalau setiap diri kita adl pmimpin. dan tiap pemimpin akan dimintai pertanggungjwbn atas yg dpimpin.


terus, untuk jd pmimpin yg baik, apa yg dbthkan?

kalo survey d sebuah jurnal yg dterbitin harvard, karisma. itu yg bkin org2 DIPILIH jd pemimpin. contoh: presiden kita.

hey, tp itu bukan jaminan yg terpilih akan jd pmimpin yg baik.

kawan, kita diciptakan oleh Sang Maha Pencipta, Allah Subhanahu wa ta'ala. dan yang memberi kita tugas sebagai pemimpin juga Allah. maka, ketika kita bertanya apa modal kita tuk jadi pemimpin? kita harus mengembalikannya pada Allah. alias, cek di qur'an, apa yang Allah berikan pada kita sehingga Ia menjadikan kita pemimpin di muka bumi ini.

yuk kita cek. sbnrnya apa yg Allah berikan pada manusia sehingga manusia yg dipilih Allah sbgai khalifah d muka bumi, bukan malaikat.
maka, mari buka ayat yg menceritakan rencana penciptaan manusia. al baqarah ayat 30-32.

jadi ayat itu nyeritain rencana Allah yang akan Menciptakan manusia sebagai KHALIFAH di muka bumi. lalu malaikat bertanya, bukan protes, kenapa manusia yang dijadikan khalifah?

nah, ternyata jawabannya ada di ayat selanjutnya. Allah telah memberikan manusia ilmu. Allah mengajarkan Nabi Adam nama2 dari benda2.

masih bingung?

oke, kita buka ayat lain. buka al baqarah ayat 247. ayat ini menceritakan tantang pemilihan Thalut menjadi raja. ada kalimat ini: "Sesungguhnya Allah telah memilih rajamu dan menganugerahinya ilmu yang luas dan tubuh yang perkasa"

terus pada tahu kan kalau Nabi Daud dan Sulaiman itu raja yang hebat? tahu modal utamanya? ilmu dan hikmah. cek surat al anbiya ayat 79.

jadi, apa modal utama seorang pemimpin? ILMU.
tapi, kok waktu negara kita dipimpin oleh orang yang pinter banget, kayak nggak terlalu signifikan bedanya? maka kita harus bertanya, apa itu ilmu? nah, saya lupa ayatnya, tapi kemarin dibahas bahwa ilmu di sini capaian tertingginya adalah takut kepada Allah. jadi orang yang disebut ulama atau orang yang berilmu adalah orang yang paling takut kepada Allah.

oke. sekarang bayangin kriteria seorang pemimpin.
mungkin yang bakal kebayang adalah:
penggerak, inisiator, orator, mampu mengatur, berwawasan, berakhlaq baik, dan sebagainya.

ternyata semua hal yang ada dalam diri seorang pemimpin ideal itu bisa kita pelajari. dengan ilmu. jadi tetep, ujung ujungnya adalah ilmu.

oke. itu baru saya bahas dari satu sisi.
ada beberapa hal yang harus kita miliki sebagai pemimpin dalam islam
1. tauhid
2. visioner
3. sabar
4. learner

poin keempat yang sudah kita bahas penjang lebar tadi. kita harus mau belajar agar dapet ilmu.
jadi inget, tadi dapet quote bagus dari imam syafi'i pas ikut LKO (learning Karismaing Okaying)

jika engkau tidak sanggup menahan letihnya belajar, maka engkau harus siap menerima perihnya kebodohan

balik ke poin pertama. tauhid.
kalau orang lain ditanya siapa contoh pemimpin yang hebat, mungkin ada yang menjawab Hitler, Mussolini, George Washington, atau Soekarno. tapi kita lihat, sebagian besar dari 'pemimpin besar tersebut ternyata hancur mengenaskan .*sebagian besar ya, gak semua. saya gak mau bilang Bung Karno gak bertauhid tapi saya mau nekanin ke Hitler cs yang jelas kafir*
Mungkin banyak yang bilang Hitler pemimpin yang hebat. orator yang luar biasa yang sanggup menggerakan Jerman menjadi negara yang cukup disegani. tapi lihat akhir hidupnya. mengenaskan, ia mati bunuh diri *katanya*.
Bandingkan dengan para pemimpin Islam. semuanya mati mulia dan dikenang sebagai pahlawan.
yang jelas, umat islam harus punya tauhid yang kuat. semua yang dilakukan kita di dunia ini sejatinya adalah untuk mencapai akhirat, maka jika kita mengerjakan sesuatu tanpa berlandaskan tauhid, semuanya sia sia.

poin kedua adalah visioner.
yang paling saya ingat dengan kata visi adalah sebuah training dari senior saya tentang visi seorang pemimpin luar biasa yang namanya selalu disebut sebut sampai akhir zaman nanti. siapa lagi kalau teladan kita, Rasulullah Muhammad s.a.w. bahkan saat kondisi sulit, beliau mengungkapkan visinya untuk menaklukan konstantinopel dan roma. dan konstantinopel telah ditaklukan oleh Sultan Muhammad al Fatih, kini kita akan menyambut visi untuk menaklukan Roma. karena kelak Roma akan jatuh ke tangan Islam.

yah, intina mah seorang pemimpin harus visioner.

yang ketiga sabar
saya lupa tentang ini. karena dibahas sekilas banget *bahkan cuma dibacain sebenernya sama pematerinya*. jadi daripada salah, lebih baik cari sendiri. :D

poin keempat learner atau pembelajar. soal ini mah dari awal juga udah dibahas tentang ilmu.

jadi intinya adalah jika ingin jadi pemimpin yang baik, kita harus meiliki tauhid, memiliki visi yang jelas, sabar, dan memiliki kemauan untuk terus belajar.

wallahu a'lam

kalau banyak yang nggak puas dengan penjelasan di note ini, emang sengaja. biar kita terus nyari ilmu lain tentang kepemimpinan ini. :P *alesan, padahal mah emang cuma ngerti segitu.

didedikasikan untuk:
GF muflih
para caketugan
dan ummat islam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar