Senin, 09 Juli 2012

Ayo, Semangat Menempuh Hidup Baru!


Tulisan ini saya kopi seutuhnya tanpa diubah sedikitpun dari : http://adijilid2.blogspot.com/2012/01/biodata-yang-kumplit-dan-jujur-untuk.html
Bagi yang mengambil jalan taaruf dalam proses mencari pasangan hidup, maka biasanya bertukar biodata adalah pembuka. Setiap pihak yang akan menjalankan proses taaruf diharapkan bisa menyusun biodata dan pendeskripsian banyak hal tentang dirinya dengan baik. Pendeskripsian yang baik maksudnya adalah menggambarkan banyak hal tentang dirinya secara jujur, rinci dan sistematis.
Etahlah, saya sendiri tidak tahu apakah ada format yang baku mengenai hal ini. Tapi menurut saya penulisan biodata dan pendeskripsian diri itu tergantung kebutuhan dan kebijakan masing-masing individu. Berikut menurut saya biodata dan pendeskripsian diri yang layak diberikan pada sosok yang ingin kita kenali dan ingin mengenali kita guna menjadi pasangan hidup.
A. Identitas Diri
Yakni memuat nama lengkap, nama panggilan, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin (ini mah dah pasti ketahuan), agama dan suku.
B. Sarana Komunikasi
Yakni telepon rumah, ponsel baik GSM atau juga CDMA, email, YM dan sejenisnya, juga blog. (Ini bagi mereka para pengguna internet)
C. Fisik & Kesehatan
Yakni mengenai tinggi badan, berat badan, warna kulit, bentuk wajah, golongan darah dan riwayat penyakit alias kondisi kesehatan. Nah untuk penggambaran fisik banyak juga tuh yang pake foto.
D. Pendidikan dan Organisasi
Yakni mengenai pendidikan formal dari mulai SD sampai Perguruan Tinggi, bagus juga sih kalau sekalian dicantumkan IPK. Juga mengenai pendidikan informal semacam kursus dan Organisasi apa saja yg di ikuti.
E. Pekerjaan dan Penghasilan
Yakni mengenai pekerjaan yang sedang dijalankan. Jika karyawan sebutkan posisinya sebagai apa dan sudah berapa lama kerja di sana. Jika sebagai wirausahawan sebutkan jenis bisnisnya apa. Sebutkan pula penghasilannya berapa, baik yang tetap atau pun penghasilan tidak tetap.
F. Kegemaran (hobby)
Sebutkan apa saja hobby kita.
G. Hal yang disukai dan tak disukai
Sebutkan hal-hal yang kita suka dan kurang kita sukai. Mulai dari makanan, warna, karakter dan lain sebagainya.
H. Keluarga
Kenalkan siapa ayah, ibu dan saudara kandung kita. Jelaskan biodata singkat mereka dan telepon yang bisa dihubungi.
I. Visi & Misi
Sebutkan Visi & Misi kita dalam menjalani hidup ini.
J. Definisi Pernikahan
Jelaskan pengertian rumah tangga menurut kita apa dan bagaimana. Lalu akan seperti apa rumah tangga yang akan kita bina.
K. Pasangan yang diimpikan
Sebutkan terus terang seperti apakah pasangan yang kita inginkan. Misal kita ingin gadis solehah yang cantik berkulit putih, dengan berat badan 50 KG dan tinggi badan 160 cm, usia antara 22 – 25 tahun, lulusan sarjana pendidikan dan bekerja sebagai guru sekolah, pandai bergaul, bersahaja dan berasal dari suku Jawa. Sebutkan saja gak usah malu-malu. Ya namanya juga tataran ideal, jadi bisa kurang bisa lebih kan yang didapat hehe.
Nah, kalau menurut saya ya segitu udah cukup. Soal urutannya ya sesuaikan dengan keyakinan masing-masing hehe. Jangan tanya apakah saya punya pengalaman dalam hal ini atau tidak. Selamat mncoba :)
yang sudah mantap ini ada proposal nikah : http://www.dudung.net/artikel-islami/proposal-nikah.html dan contoh format ta'aruf : http://biodata.maswahyu.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar