Minggu, 29 Juli 2012

today's story #deardiary :p

bismillah.

jam 7.20 tampak di dinding saat kedua kaki mulai kulangkahkan melewati pintu rumah. tak lupa ucapan basmalah terdesir di bibir.
saat membuka gerbang, tampak beberapa remaja yang aktif di remasis (remaja masjid istiqomah) sedang berkumpul di depan masjid.



"cie... yang mau berangkat kerja..." salah seorang dari mereka menyapaku. saat itu hanya senyuman yang kuberikan sebagai balasan sambil terus erjalan.
"ke mana, kang?" tanya dia lagi.
"Jalan jalan" jawabku singkat.
Lagi2 mereka malah menggoda, "cie... jalan2 wae.." saya tersenyum sambil terus berjalan meninggalkan mereka. berbelok di depan posyandu menuju rumah kontrakan kakak saya. sampai di sana,  saya  iseng membangunkan keponakan yang tertidur lelap. sontak ia bangun dan menangis. ponakan saya yang ini, hafshah, baru berumur setahun kurang. kurang lebih 10 bulan. dan karena dia menangis, tiba2 dia minta gendong pada saya. akhirnya,  saya pun tertahan di rumah kakak sekitar 5 menit untuk menggendong hafshah.

perjalanan dilanjutkan. next destination: pasar cijerah.
menyapa kedua orang tua yang sedang berpeluh untuk menghidupi anaknya. mestinya mereka sudah beristirahat tenang di rumah, bukan berjualan di pasar seperti ini. tapi anaknya yang paling bungsu ini masih belum bisa membuat mereka tenang beristirahat di rumah, malah menyusahkan dengan minta ngkos setiap hari. maafkan anakmu ini, mah, pak. semester ini insya Allah semester terakhir kalian membiayai  saya.

matahari semakin naik. jam  8 pagi. langkahku pun kupercepat menuju nagkot caringin sadang serang. perjalanan 40 menit menuju rumah kedua: sekre karisma itb.

setelah sampai di sekre dengan niat membantu adik2 histeria, sesaat sebelum masuk sempat kaget karena seorang kawan yang lama tak muncul di sekre sedang asik duduk di depan sekre. araaf d.r. kawan yang juga alumni dkm al ghifari.

"gung, raker moal?" pertanyaan pertama yang terucap darinya. awalnya ingin menolak untuk pergi. namun setelah beberapa bujuk rayu, akhirnya  saya mengiyakan untuk menempuh perjalanan balik menuju komplek padasuka, cimahi. rapat kerja ganifa.

awalnya rapat kurang berjalan baik. agak tidak terstruktur dan rada ngaler ngidul. akhirnya, setelah kang eka angkat bicara, rapat yang tadinya menyertakan semua peserta dibagi2 menjadi per tim dulu untuk menyusun program. dan karena saya bukan pengurus, akhirnya saya melibatkan diri di tim G college, lalu berpindah ke tim mentoring. beberapa usulan pun keluar. sampai waktu yang ditentukan habis, saya dan araaf pun langsung meninggalkan lokasi tanpa megikuti jalannya rapat sampai akhir. masih ada 2 tujuan lagi, kembali ke salman dan menuju kampus.

akhirnya, kaki ini menapak lagi di salman beberapa saat sebelum adzan ashar. saat mendekati sekre, terlihat beberapa pembina yang sedang berdiri menonton lomba beatbox histeria dari depan sekre. alfi, donny, kang agung, kang eko, kang kasmita, kang ridho, kang aji, khoyrul, dan lainnya.

you know, guys? beberapa menit bertemu kalian sudah cukup untuk menambah semangat saya tadi. entah mengapa, para pembina ini terasa spesial. meski hanya beberapa menit, saya juga nggak ngerti kenapa saya harus ke salamn dulu *selain untuk mengembalikan helm. sayang, tadi memang saya hanya memiliki beberapa menit bertemu kalian. setelah shalat ashar, kembali berlari mencari angkot. kali ini angkot cicaheum ledeng menuju kampus. upgrading departemen ldk ukdm upi.

upgrading diawali dengan hukuman lari 2 keliling. hukuman karena telat 8 menit dari jam 4 sore. dilanjutkan dengan boy-boyan bareng ikhwan yang lain.

ada yang nggak tahu apa itu boy2an? boy boyan adalah salah satu gama tradisional indonesia. pemain dibagi menjadi 2 tim. alat yang digunakan adalah tumpukan genteng dan sebuah bola.
premainana dimulai saat satu tim melempar bola mengenai tumpukan genteng. tim yang lain berjaga. jika lemparan mengenai genteng, maka tim yang menjaga harus mematikan tim lawan dengan melempar si bola mengenai badan tim lawan. tugas tim yang tadi melempar mengenai genteng selanjutnya adalah menghindari bola sambil berusaha menyusun kembali tumpukan genteng tersebut. mudah, kan?

setelah perpeluh main boy2an, upgrading dilanjutkan dengan game lilin bersama departemen masing2. para staf membawa naik lilin melalui tangga sambil menjaganya tetap menyala. dengan catatan: mata ditutup. staf hanya dipandu oleh kadep masing2. di game ini kita dilatih untuk mempercayai pemimpin. juga menjaga amanah yang telah diberikan oleh pemimpin kita *jaga lilin.

selesai upgrading, ifthar jama'i pertama bersama para aktivis kampus. ah, kadang saya merasa tak pantas berada di antara mereka. saat yang lain berusaha membumikan islam di bumi siliwangi, saya malah menghilang entah kemana...

setelah shalat magjrib berjamaah, kegiatan dilanjutkan dengan makan bersama ikhwan ukdm di angel's place. tapi sayang, saya tidak melihat 'angel' di sana. :p

ba'da isya, semua bubar. ada hal yang sedikit mengganjal saat semua kegiatan hari ini berakhir. entah apa itu. yang penting, esok harus lebih baik dari hari ini.

ada sekre yang menanti untuk diobrak-abrik!

semangKA!!

#deardiary

Tidak ada komentar:

Posting Komentar